Bisnis toko online yang kini sedang marak membuat banyak orang tertarik untuk menggelutinya. Namun sayang, geliat dan prospek #bisnis online
yang besar ini tak semua bisa dirasakan terus-menerus oleh para
pebisnis online. Pasalnya, tidak sedikit dari mereka kemudian merasakan
toko online-nya sepi pembeli yang menyebabkan turunnya omzet dan
pendapatan. Beruntung jika mereka bisa bangkit kembali untuk kemudian
meningkatkan trafik toko onlinenya. Dalam kenyataan yang ada, tak
sedikit juga pebisnis online yang kemudian terjebak dan tak bisa bangkit
dari keterpurukan tersebut.
Toko online memang bukanlah sesuatu yang
sakti yang tak bisa luput dari kondisi sepi pembali. Seperti juga toko
offline, toko online juga bisa saja menjadi sepi yang menyebabkan
turunnya omzet. Yang jelas, saat toko online Anda sepi, Anda harus
segera bergerak untuk memajukan toko online Anda. Analisis terhadap
penyebab sepinya toko online mungkin bisa menjadi sesuatu yang manjur
untuk Anda jadikan koreksi dan perbaikan. Berikut beberapa penyebab
sepinya pembeli toko online.
1. Toko Online yang Kotor dan Berantakan
Penyebab pertama sepinya #toko online
adalah faktor kebersihan dan kerapihan. Seperti juga toko offline, toko
online bisa juga bisa menjadi kotor dan berantakan. Dan toko online
yang kotor dan berantakan bisa membuat para pengunjung anda tak betah
dan akhirnya kabur. Jika hal ini terjadi, tentu saja Anda akan mengalami
kerugian, karena akan berdampak pada turunnya omzet. Maka dari itu Anda
harus sebisa mungkin menjadikan toko online Anda bersih dan rapi.
Bagaimana caranya? Pertama, Anda harus
bisa memastikan bahwa toko online Anda memiliki tampilan antarmuka situs
web yang bersih dari (widgetpop-upads) yang mengganggu. Kedua, cobalah menjadikan navigasi situs web toko online yang rapi dan nyaman.
Hal lain yang perlu Anda atur dalam toko
online adalah widget. Jangan semua widget perlu Anda tampilkan.
Keberadaan widget yang tidak perlu seperti kalender, jam dan bahkan
musik MP3 justru akan membuat kesan berantakan dan tak rapi. Selain itu,
widget yang terlalu banyak juga akan membuat akses menuju toko online
Anda menjadi lambat. Jika akses menuju toko online lambat, maka
kenyamanan konsumen pun akan jadi menurun.
2. Harga yang Terlalu Tinggi
Dalam mencantumkan harga untuk produk
online, Anda juga perlu berhati-hati. Konsumen online tak bisa Anda
anggap berbeda dengan pembeli offline. Mereka juga manusia yang selalu
menginginkan dan mencari produk dengan harga yang murah. Maka dari itu
jika Anda mencantumkan harga yang terlalu tinggi bukan tidak mungkin
konsumen akan pergi meninggakan Anda dan berpaling pada lainnya.
Untuk itu saat akan menentukan harga,
sebaiknya Anda melakukan survei harga terlebih dahulu. Ini akan membuat
Anda bisa memperoleh sebuah harga pasaran yang sesuai dan tidak membuat
pembeli kabur dan akhirnya senang berbelanja di toko online Anda.
3. Buruknya Layanan Pelanggan
Salah satu hal yang membuat betah dan
nyaman pengunjung toko online adalah layanan dari bisnis tersebut. Maka
dari itu jangan sekali-kali membuat layanan buruk bagi para konsumen
toko online Anda. Mereka harus Anda layani dengan sebaik mungkin.
Jika Anda melakukan layanan yang buruk,
sangat besar kemungkinan pelanggan akan kabur dan akhirnya membuat toko
online Anda menjadi sepi. Sebaliknya, jika Anda membuat layanan yang
baik, mereka akan merasa puasa dan akan terus berbelanja di toko online
Anda. Ini artinya layanan yang baik dan memuaskan akan menjadikan
sebuah toko online akan terus ramai dengan pengunjung.
4. Deskripsi Produk yang Terlalu Berlebihan
Terakhir, hal yang bisa menjadi penyebab
sepinya toko online adalah deskripsi produk yang terlalu berlebihan.
Tidak semua hal yang dijelaskan secara lebih bisa membuat konsumen
senang. Fakta yang ada justru mengatakan bahwa deskripsi produk yang
berlebihan bisa membuat konsumen malah jadi curiga dan malas untuk
membeli. Maka dari itu untuk menjelaskan atau mendeskripsikan produk,
Anda sebaiknya melakukan dengan sewajarnya saja.
Jangan terlalu melebih-lebihkan
keunggulan produk Anda, meskipun sebenarnya memang benar adanya. Bukan
tidak mungkin adanya deskripsi yang berlebihan ini dianggap oleh
beberapa calon konsumen Anda sebagai hal yang mengada-ada dan menipu.
Saat konsumen banyak yang menanggap demikian, maka bersiaplah untuk
menghadapi toko online Anda yang sepi dari pembeli.
Toko Online Anda Sepi Pembeli? Mungkin 4 Faktor Inilah Penyebabnya
Reviewed by Ryan
on
July 15, 2015
Rating:
No comments: